Sejarah The Big Four KAP

Empat Besar (bahasa Inggris: The Big Four) adalah kelompok empat firma jasa profesional dan akuntansi internasional terbesar, yang menangani mayoritas pekerjaan audit untuk perusahaan publik maupun perusahaan tertutup. Firma Empat Besar adalah sebagai berikut, dengan data terakhirnya:
Firma Pendapatan Karyawan Tahun fiskal Kantor pusat
Deloitte Touche Tohmatsu
$28,8 miliar 182.000 2011 Amerika Serikat

PricewaterhouseCoopers
$26,6 miliar 161.000 2010 Britania Raya

Ernst & Young
$21,3 miliar 144.000 2010 Britania Raya

KPMG
$20,6 miliar 138.000 2010 Belanda

Kelompok ini sempat dikenal sebagai “Delapan Besar”, dan berkurang menjadi “Lima Besar” melalui serangkaian kegiatan merger. Lima Besar menjadi Empat Besar setelah keruntuhan Arthur Andersen pada 2002, karena keterlibatannya dalam Skandal Enron.
Merger dan Auditor Besar
Sejak tahun 1989, merger dan satu skandal besar yang melibatkan Arthur Andersen telah mengurangi jumlah firma akuntansi besar dari delapan menjadi empat.
8 Besar (sampai 1989)
Dalam tahun 1979, kantor-kantor tersebut disebut sebagai 8 Besar yang merupakan dominasi internasional dari delapan kantor akuntan terbesar:
1. Arthur Andersen
2. Arthur Young & Co.
3. Coopers & Lybrand (aslinya Lybrand, Ross Bros., & Montgomery)
4. Ernst & Whinney (hingga 1979 Ernst & Ernst di AS dan Whinney Murray di Britania Raya)
5. Deloitte Haskins & Sells (hingga 1978 Haskins & Sells di AS dan Deloitte & Co. di Britania Raya)
6. Peat Marwick Mitchell (selanjutnya menjadi Peat Marwick, kemudian KPMG)
7. Price Waterhouse
8. Touche Ross

8 Besar ini sendiri sebelumnya juga merupakan hasil beberapa penggabungan.

6 Besar (1989 – 1998)
8 Besar berubah menjadi 6 Besar pada tahun 1989 pada saat Ernst & Whinney bergabung dengan Arthur Young membentuk Ernst & Young di bulan Juni dan Deloitte, Haskins & Sells bergabung dengan Touche Ross membentukDeloitte & Touche di bulan Agustus.

5 Besar (1998-2002)
6 Besar berubah menjadi 5 Besar di bulan Juli 1998 pada saat Price Waterhouse bergabung dengan Coopers & Lybrand membentuk PricewaterhouseCoopers.

4 Besar (sejak 2002)
Kantor akuntan Arthur Andersen didakwa melawan hukum karena menghancurkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengauditan Enron, dan menutup-nutupi kerugian jutaan dolar dalam Skandal Enron yang meledak pada tahun2001. Hasil keputusan hukum secara efektif menyebabkan kebangkrutan global dari bisnis Arthur Andersen. Kantor-kantor koleganya di seluruh dunia yang berada di bawah bendera Arthur Andersen seluruhnya dijual dan kebanyakan menjadi anggota kantor akuntan internasional lainnya. Di Britania Raya, para partner Arthur Andersen setempat kebanyakan bergabung dengan Ernst & Young dan Deloitte Touche Tohmatsu. Di Indonesia, para partner Arthur Andersen pada akhirnya bergabung dengan Ernst & Young.

Bangkrutnya Arthur Andersen meninggalkan hanya empat kantor akuntan internasional di seluruh dunia, yang menyebabkan masalah besar bagi perusahaan-perusahaan internasional besar, karena mereka diharuskan untuk menggunakan kantor akuntan yang berbeda untuk pekerjaan audit perusahaan dan layanan non-auditnya. Karena itu, hilangnya salah satu kantor akuntan besar itu telah menurunkan tingkat kompetisi di antara kantor-kantor akuntan dan menyebabkan meningkatnya beban akuntansi bagi banyak klien.
http://id.wikipedia.org/wiki/Empat_Besar_(firma_audit)

Pada tahun 1979, ada 8 kantor akuntan publik besar yang dikenal dengan big 8 yang mendominasi di dunia internasional, delapan kantor akuntan tersebut adalah :

1. Arthur Andersen
2. Arthur Young & Company
3. Coopers & Lybrand
4. Ernst & Whinney
5. Deloitte, Haskins and Sells (Gabungan Haskins & Sells dengan satu perusahaan di eropa)
6. KPMG (terbentuk karena bergabungnya Peat Marwick International dan KMG Group)
7. Price Waterhouse
8. Touche Ross

Pada Juni 1989 Ernst & Whinney memutuskan untuk bergabung dengan Arthur Young dan kemudian membentuk Ernst & Young . Kemudian pada bulan Agustus ditahun yang sama Deloitte, Haskins & Sells pun melakukan merger dengan Touche Ross yang kemudian menghasilkan kantor akuntan Deloitte & Touche. Maka dengan ini, kelompok big 8 berubah menjadi big 6 .

Pada Juli 1998 Kantor Akuntan Price Waterhouse memutuskan untuk bergabung dengan Kantor Coopers & Lybrand yang kemudian membentuk Kantor akuntan PricewaterhouseCoopers. Dengan terbentuknya kantor akuntan PricewaterhouseCoopers ini, maka kelompok the big 6 berubah menjadi big 5 dengan anggota 5 Kantor Akuntan sebagai berikut :

1. Arthur Andersen
2. PricewaterhouseCoopers
3. Deloitte Touche Tohmatsu
4. Ernst & Young
5. KPMG

Pada tahun 2001 terjadi suatu peristiwa yang kita kenal sebagai Skandal Enron. Dalam Skandal Enron ini, kantor akuntan Arthur Andersen didakwa melawan hukum karena menghancurkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengauditan Enron, dan dianggap menutup-nutupi kerugian jutaan dolar dalam skandal Enron. Kejadian ini menyebabkan kebangkrutan bisnis Arthur Andersen yang bersifat global. Kantor-kantor partner di seluruh dunia yang berada di bawah bendera Arthur Andersen seluruhnya dijual dan kebanyakan bergabung menjadi kantor akuntan internasional lainnya Dengan adanya kejadian ini, maka hanya tersisa empat kantor akuntan internasional yang kita kenal dengan nama big 4 sampai saat ini.

The Big 4 di Indonesia

Berikut ini kantor akuntan Big 4 dengan afiliasinya di Indonesia :

1. KAP Purwantono, Sarwoko, Sandjaja – affiliate of Ernst & Young
2. KAP Osman Bing Satrio – affiliate of Deloitte
3. KAP Sidharta, Sidharta, Widjaja – affiliate of KPMG
4. KAP Haryanto Sahari – affiliate of PwC

PricewaterhouseCoopers
PricewaterhouseCoopers atau sering disingkat PWC. Perusahaan jasa akuntan ini lahir di tahun 1998. Dimana PWC merupakan gabungan dari perusahaan jasa Cooper & Lybrand (1854) dan Price Waterhouse (1849). Kantor pusatnya terletak di London, Inggris. PWC merupakan KAP terbesar diantara Big-4 lainya dengan pendapatan di tahun 2011 sebesar $29,2 Milyar. PWC terdapat di 771 kota di 158 negara. karyawanya Mencapai 169.000 orang.

Terdapat 3 jasa yang diberikan oleh perusahaan ini.
Jasa Astestasi
Pajak
Advisory (Manajemen Konsultan)
Alamat:
Plaza 89
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6
Jakarta 12940 – INDONESIA
P.O. Box 2473 JKP 10001
T: +62 21 5212901
F: +62 21 52905555 / 52905050
http://www.pwc.com

For apply: http://www.pwc.com/id/en/careers/opportunities-indonesia.jhtml

Deloitte
Deloitte Tohce Tomatsu Limited, atau sering disingkat dengan Deloitte, merupakan salah satu anggota dari big-4, dan berada di posisi kedua diantara big-4 jika dilihat berdasarkan pendapatan.
Deloitte berkantor pusat di New York, USA. pendapatan di tahun 2011 adalah $ 28,8 Milyar, terdapat 150 negara dan karyawanya berjumlah 182.000.Deloitte merupakan gabungan dari beberapa KAP. dimana tahun 1952 Deloitte melakukan merger dengan Haskin & Sells untuk membentuk Deloitte, Haskin & Sells.

Sedangkan 1968 Nobozu Tohmatsu Membentuk Tohmatsu Awoki & Co. dan tahun 1975 bergabung menjadi bagian Touche & Ross Network. Dan pada akhirnya di tahun 1989 Deloitte, Haskin & Sells melakukan merger dengan Touche & Ross di USA. dan Deloitte Toche Tohmatsu lahir. Patut diingat bahwa tidak semua perusahaan Haskin & Sells mau melakukan merger tersebut. Di UK, Haskin & Sells malah melakukan merger dengan Coopers & Lybrand (Dimana nanti mejadi PWC)

Jasa yang diberikan oleh perusahaan ini adalah :
Audit & Enterprise Risk Service
Consulting for Enterprise Aplication & Technology
Financial Advisory
Tax
Other (IFRS Specialist)
Alamat :
The Plaza Office Tower 32nd Floor
Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30
Jakarta
Indonesia
Phone: +62 21 2992 3100
http://www.deloitte.com/id

For apply: http://careers.deloitte.com/jobs/eng-ID

Ernst & Young
Ernst & Young (EY), merupakan salah satu anggota dari big-4, dan berada di posisi ketiga diantara big-4 jika dilihat berdasarkan pendapatan. Ernst & Young berkantor pusat di London, UK. pendapatan di tahun 2011 adalah $ 22,9 Milyar, terdapat 140 negara dan karyawanya berjumlah 152.000.

Sejarah Ernst & Young dimulai di tahun 1903, dimana Alwin C. Ernst dan saudaranya Theodore membentuk Ernst & Ernst. Dan di tahun 1906, Arthur Young mendirikanArthur Young & Co. di tahun 1924 Perusahaan amerika membentuk aliansi dengan perusahaan di Inggris. Di pihak Amerika, Young dengan Broads Peterson & Co. sedangkan di pihak Inggris, adalah Ernst dengan Whinney Smith & Whinney. Dan di tahun 1989, Ernst & Whiney bergabun dengan Arthur Young untuk membentuk perusahaan bernama Ernst & Young.

4 Jenis Jasa yang disajikan oleh EY :
Assurance Service
Tax Service
Advisory Service
Transaction Advisory Service
Alamat :
INDONESIA STOCK EXCHANGE BUILDING
TOWER 2, 7TH FLOOR
JL. JEND. SUDIRMAN KAV. 52-53
Jakarta
12190
Indonesia
Phone: +62 21 5289 5000
http://www.ey.com/ID/en/Home

For apply: http://www.ey.com/ID/en/Careers

KPMG
KPMG, merupakan salah satu anggota dari big-4, dan berada di posisi Keempat diantara big-4 jika dilihat berdasarkan pendapatan. KPMG berkantor pusat di Amstelveen, Amsterdam. pendapatan di tahun 2012 (Fiscal) adalah $ 22,7 Milyar, karyawanya berjumlah 145.000.

Sejarah KPMG dimulai di tahun 1807, dimana William Barclay Peat membentuk Kantor Akuntan Publik. Sedangkan di tahun 1877, Thomson Mclintock membangun perusahaanya di Glasgow. Dimulai dengan Mergernya William Barclay Peat dan Marwick Mitchell & Co di tahun 1911 yang kemudian melahirkan Peat Marwick. Di tahun 1917 Piet Klijnveld Membuka Kantor Akuntan di Amsterdam yang nantinya akan melakukan merger dengan Kraayenhof untuk menciptakan Klynveld Kraayenhof & Co.

Di tahun 1979, Klynveld Kraayenhof & Co, Thomson Mclintock dan Deutsche Treuhandgesellschaft membentuk KMG (Klynveld Main Goerdeler) dan pada tahun 1987, Peat Marwick bergabung untuk membentuk KPMG.

KPMG adalah arti berdasarkan nama Patner yang melakukan merger
K dari kata Klynveld, pendiri Klynveld Kraayenhof & Co
P dari kata Peat, pendiri William Barclay Peat & Co
M dari kata Marwick, pendiri Marwick, Mitchell & Co
G dari kata Goerdeler, pendiri Deutsche Treuhand-Gesellschaft

Jasa yang diberikan KPMG meliputi :
Audit
Tax
Advisory
Others (Global China Practice, IT risk Advisory)
Alamat :
Siddharta & Widjaja
33rd Floor Wisma GKBI
28, Jl Jend. Sudirman
Jakarta 10210
INDONESIA
Phone: +62 21 574 2333
http://www.kpmg.com/id/en/pages/default.aspx

For apply: http://www.kpmg.com/id/en/careers/pages/default.aspx

Leave a comment